Langsung ke konten utama

Topeng (bag.7)

-Menemukan Kasih-



Dimas baru menyelesaikan pekerjaannya. Walau jam makan siang telah tiba, Ia enggan keluar dari ruang kerja. Selera makannya hilang sejak kekacauan itu menimpa perusahaan. Duduk dan berdiam diri lebih menyenangkan daripada menghabiskan waktu diluar ruangan.

Pintu kantornya diketuk, Dimas mempersilahkan masuk.

"Dimas..bagaimana kabarmu?" Sapa tamu itu akrab.

"Ooh..Anton, Silahkan duduk." Dimas menyambut tamu yang ternyata adalah teman baiknya, dengan wajah senang.

"Aku baik-baik saja, tapi seperti yang kau ketahui, perusahaan ini dilanda hal yang tidak menyenangkan."Sambungnya lagi.

"Turut prihatin atas musibah yang menimpa bawahanmu. Maaf aku  tidak ada disini untuk membantu saat itu." Anton bersimpati pada temannya.

Istirahat siang itu dihabiskan dengan pembicaraan seputar kasus pembunuhan yang menimpa karyawan perusahaan. Sebenarnya Dimas malas membahas hal itu lagi, tapi demi menghargai teman baiknya yang baru pulang dari luar kota, membuat Dimas harus betah berlama-lama membahas kembali kejadian itu.

"Wajahmu sudah seperti kakek-kakek saja Dimas."Anton menggoda temannya.

"Pulang dan istirahatlah!" Sambung Anton memberi saran.

"Justru itu membuatku mati tiba-tiba." Dimas membalas dengan candaan sekenanya.

Anton pamit meninggalkan Dimas yang tetap setia dalam ruang kerjanya, Ia tak berhasil mengajak temannya itu keluar untuk makan siang. Selera makannya benar-benar hilang. Saat keluar dari ruangan, Anton berpapasan dengan salah satu karyawan.

"Hera..!" Panggilnya yakin dengan nama karyawan itu setelah membaca tanda pengenal yang dikenakan. Kebetulan karyawan magang.

"Iya pak, ada yang bisa saya bantu?" 

"Tolong kamu belikan makan siang untuk Pak Dimas, menunya sesuai selera kamu saja!" Perintahnya pada Hera sambil menyerahkan selembar uang dengan dua tokoh proklamator di salah satu sisinya.

"Baik pak." Hera menerima tugas dengan senang hati. Kemudian berbalik dan meninggalkan Anton yang masih menatapnya penuh arti.

Hera antusias memandang deretan menu yang terpajang di rumah makan, membayangkan jika dirinya adalah Pak Dimas..kira-kira apa yang akan dipilihnya. Mengingat kalimat atasan yang memintanya memilih makanan sesuai selera Hera sepertinya tidak mungkin, Pak Dimas pasti tidak suka dengan seleranya yang biasa-biasa saja. Bingung dengan apa yang akan dipilih, akhirnya Hera keluar dan berjalan menuju bangunan sederhana yang tak jauh dari rumah makan sebelumnya.

Terbayang kembali pada masa lima tahun yang lalu...

-Yang Terusir-

Hera tak tahu apa yang harus dilakukan, saat ini Ia hanya mengikuti kemana saja kakinya akan melangkah, yakin bahwa takdir akan membawanya kesuatu tempat yang lebih baik. Matahari sudah lama tumbang di sudut barat, meninggalkan warna gelap langit yang serupa dengan suasana hati Hera. Kebingungannya cukup membantu melupakan rasa lapar di perut. Sejak siang tadi Ia memang belum makan, lebih tepatnya tidak sempat karena panik mengobati luka Didi dan sibuk menerima hukuman dari orang tua angkatnya.

Kaki yang dipercayanya dapat menuntun arah tujuan ternyata berhenti didepan gerbang sekolah. Tanpa sadar airmata Hera mengembang, Ia tahu bahwa pendidikan itu penting, tapi dalam kondisi seperti ini dapatkah Ia menuntut ilmu? Hera duduk di kelas 2 SMA, setahun lagi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Bimbang menyelinap masuk dalam hati, apa yang harus dipilih, lanjut atau berhenti?

"Kok jam segini masih sekolah nak..?" Tanya seorang bapak heran melihat Hera yang hampir setengah jam lamanya berdiri mematung di depan gerbang sekolah pada malam hari. Ini bukan jam sekolah pikirnya.

Hera hanya diam, pertayaan di otaknya belum bisa Ia jawab. Kaki, tangan dan tubuh kini semakin terasa sakit, lelah dan hampir tak lagi mampu berdiri. Pada titik terlemah, kesadaran meninggalkan tubuhnya.

"Hati-hati, apa kamu merasa baikan sekarang?" Bapak yang tadi menegur Hera karena masih berkeliaran disekitar sekolah ternyata menungguinya hingga sadar dari pingsan.

"Apa kamu sudah makan?" Tanyanya lagi.

Hera menggeleng lemah, melihat reaksinya bapak itu pergi menuju gerobak dagangan yang tak jauh dari tempat Hera duduk. Kemudian menyiapkan makanan dan minuman untuk gadis malang itu.

"Makanlah..!" Bapak itu mempersilahkan. Dengan lahap Hera menyantap makanan yang telah disajikan. Baginya ini makanan paling nikmat di dunia, disajikan oleh laki-laki tua berhati malaikat. Ia tak akan lupa dengan rasa yang kini melekat dilidah dan hatinya. Soto Ayam Pak Masdi, Begitulah nama yang tertera di Gerobak dagangnya.

------

Hera masuk kedalam bangunan sederhana itu, memesan soto ayam kesukaannya sejumlah dua porsi, satu untuk Pak Dimas dan satunya lagi untuk dimakan sendiri, kebetulan Ia juga belum makan siang ini.

Sesampainya di kantor, Hera segera mempersiapkan makanan yang dibelinya tadi, menata rapi mangkok, sendok, garpu dan gelas diatas nampan. Kemudian bergegas mengantarkan makanan itu ke ruangan Pak Dimas.

"Permisi Pak Dimas, ini makan siangnya." Hera meletakkan nampan berisi semangkuk soto ayam lengkap dengan bumbunya beserta minuman diatas meja Pak Dimas.

"Siapa yang memesan makanan?" Tanya Pak Dimas heran.

"Tadi Pak Anton yang meminta saya untuk membeli makan siang untuk bapak." Jawab Hera menjelaskan.

"Soto Ayam? Pak Anton memesan ini untuk saya?" Tanyanya lagi dengan heran. Bingung dengan pilihan temannya yang tak biasa.

Hera sudah menduga bahwa Pak Dimas tak akan senang dengan pilihannya. Tapi mau bagaimana lagi, menu itulah yang menjadi nomor satu dihati. Rasa tulusnya kasih sayang yang lahir dari kebaikan dapat Ia rasakan setiap kali memakan makanan itu. Setidaknya itu juga yang Hera harapkan jika atasannya ini bersedia memakan menu pilihannya. Soto Ayam itu enak lho pak, bisa menenangkan hati disaat pikiran sedang kalut. Bisik Hera dalam hati.


Bersambung..

Simak kisah-kisah sebelumnya di Topeng 1, 2, 3, 4, 5, 6 ...


Komentar

  1. Balasan
    1. Bisa menggantikan posisi obat penenang. 😀😄

      Hapus
  2. Seger soto ayam penuh kasih sayang

    BalasHapus
  3. Sepertinya aku butuh soto ayam pagi ne..😂😂😂

    BalasHapus
  4. "Maaf aku tidak ada disini untuk membantu saat itu."

    Kok aku jadi curiga. :D

    BalasHapus
  5. Mba Lisa, Mba Wie dan mba Sas.🍝🍵 mari kita sarapan.

    BalasHapus
  6. Mbk Nie-na, ini udh layak dinovelkan.
    Nanti lulus ODOP segera jadikan novel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa Allah..kabulkanlah doa Mas Heru yaa Allah..aamiin
      :)

      Hapus
  7. Keikhlasan...

    Suka dengan keikhlasan... :)

    BalasHapus
  8. Wah ada flashbacknya...
    jadi setelah itu Hera kemana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari episode 3 mba Inet nanyain kemana si Hera. iya mba, saya nyicil dikit-dikit cerita Hera remaja, biar mba Inet tambah penasaran. hehhe

      Hapus
  9. Bener berhasil membuatku penasaran..... Hmn..

    BalasHapus
  10. Aku masih bingung. Karena belum baca part sebelumnya. #plakkk hehehhe.

    BalasHapus
  11. Ayo mba..dibaca dulu. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topeng (bag.6)

-Topeng Ambisi- Seorang laki-laki tergesa-gesa memasuki ruangannya, setengah berlari Ia menghampiri meja kerja dan dengan kasar menarik satu persatu laci-laci yang tersusun rapi pada bagian bawah meja, kemudian mengobrak-abrik isinya. Ketika yang dicari belum ditemukan, Ia beralih pada lemari yang berada di belakangnya. Hal yang sama dilakukan, Ia pun mengacak habis isi lemari untuk mencari sesuatu yang amat berharga baginya.  "Dimana dokumen itu..kurang ajar!" Makinya pada seseorang yang ada dalam pikirannya. "Baiklah..jika ini pilihannya, akan kuturuti permainannya" Desisnya dengan rasa kesal yang tertahan. Ia tahu, wanita itu tak main-main dengan ancamannya tadi siang. Ambisinya yang terlalu besar dan menggebu-gebu secara otomatis memutuskan hubungan Simbiolis Mutualisme yang selama ini telah mereka jalin sejak setahun terakhir.  Jika bukan karena Mita yang dengan sembunyi-sembunyi memberitahukan padanya bahwa dokumen penting itu telah

Menggali Potensi Mulai dari yang Disukai dan Dikuasai

 Gali Potensi Ukir Prestasi  Resume ke-4 Gelombang 29 Senin, 26 Juni 2023 Narasumber: Aam Nurhasanah, S. Pd Moderator: Muthmainah, M. Pd KBMN 29-Pertemuan keempat dilaksanakan pada Senin, 26 Juni 2023, dengan tema 'Gali Potensi Ukir Prestasi'. Sebelum masuk ke materi, Ibu Muthmainah, M. Pd yang akrab dipanggil bu Emut dari lebak Banten, dan bertugas sebagai moderator memperkenalkan diri serta memaparkan sedikit info tentang narasumber.  Narasumber luar biasa dengan julukan penulis luar biasa dan juga pioneer pegiat literasi Kabupaten Lebak Banten, Ibu Aam Nurhasanah, S. Pd yang juga akrab disapa bu Aam, dikenang oleh bu Emut sebagai kompor, dalam arti yang menyemangati para penulis muda untuk menghasilkan karya tulis mereka menjadi buku. Bu Aam merupakan anggota KBMN gelombang 8 yang kemudian menyelesaikan pelajaran literasinya di gelombang 12.  "Dulu, kami menyebutnya BM 12 (Belajar Menulis 12) Juli 2020. Istilah KBMN muncul saat kopdar pertama di Gedung Guru Indonesia, J

Topeng (bag.3)

-Masa Lalu- Hera kecil sering kali di- bully oleh teman-temannya. Kala itu ia berusia 8 tahun, tubuhnya yang kecil dan lemah membuat ia menjadi sasaran empuk. Tidak ada satupun yang dapat membantunya, lebih tepatnya tidak ada yang mau. Sepulang dari bermain, sambutan kasar juga ia terima dari keluarga, tepatnya keluarga angkat. Hera diadopsi pada usia 2 tahun. Dengan niat sebagai pancingan agar kedua orang tua angkatnya bisa segera mendapat momongan. Tapi usaha ini belum menunjukkan hasil seperti yang diinginkan.  Saat Hera berusia 10 tahun Ibu angkatnya pun hamil. Kehamilan yang ditunggu-tunggu selama 9 tahun, sebelumnya beberapa kali Ibu angkat Hera ini sudah pernah hamil, sayangnya setiap kali hamil justru ibunya juga mengalami keguguran lagi dan lagi. Kehamilan ketiga kali ini dijaga ketat dan ekstra hati-hati, namun takdir berkata lain, saat ibu angkatnya mengandung pada usia kehamilan 8 bulan, kecelakaan tragis menyebabkan nyawa ibu dan calon adiknya itu melayang. Duka