Langsung ke konten utama

Diet vs Mama

"Atas kemaslahatan lemak sedunia. Ini bukan curhat colongan biasa."
(Dikutip dari buku catatan hati si Bohay)

Pada tau tentang dietkan?
Program diet?
Macam-macam diet?

Ya..betul sekali. Diet adalah usaha seseorang untuk menurunkan berat badannya dan menghilangkan atau mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh.

Diet sebagian besar dilakukan oleh makhluk halus bernama wanita..(halus hatinya, hehehe) termasuk aku..iya aku..gak percaya? Coba sentuh hatiku! Gak bisakan? Hihiii..
Diet juga dilakukan kaum pria, khususnya yang perutnya tak lagi berkotak-kotak, tapi 1 bulat.

Diet ada banyak macamnya, Diet Mayo yang pantang makan nasi, garam dan minyak, dilakukan selama 13 hari. Diet Buah yang hanya makan buah-buahan saja, bahkan ada yang namanya diet pisang, yang hanya makan buah pisang selama 22 hari. Ada lagi Diet air, ini mah bukan minum air aja selama diet, tetap makan juga, hanya saja sebelum makan minum air dan lebih banyak minum air dalam programnya. Ada dietnya om DC yang jadwal makannya di batasi sekian jam, ala-ala biksu (idenya). Trus ada juga yang ekstrem program dietnya, yaitu diet udara (aku baru tau ada diet jenis ini setelah nonton on the spot), trus makannya apa dong? Yap..sesuai namanya hanya menghirup udara dan sinar matahari, kebayang kalau musim hujan, gimana tuh ya?

Terlepas dari semua nama-nama program diet, hubungannya denganku adalah nama program diet milik sendiri, namanya 'Ngambek Diet' tapi ini hanya sekali aku lakukan dan semoga sekali seumur hidupku saja.
Trus bagaimana programnya? Yaah..sesuai namanya, karena aku lagi ngambek..jadi aku ndak makan-makan..kalaupun makan aku hanya makan sesuap nasi, setengah galon air dan sekeping roti setiap hari selama hampir sebulan. Hasilnya amazing, 10 kg turunnya..namun dengan tambahan keriput diwajah, karena nyaris tak ada senyum selama ngambek. Ini masalah namanya. Jadi jangan ditiru..ini tidak disarankan bagi siapapun, baik pria maupun wanita..jangan...!

Dari hasil akhir diet ekstrem berunsur ngambek itu, berat badanku bertahan selama dua tahun lebih. Mengalahkan iming-iming diet mayo yang katanya gak mudah balik lagi berat badan sebelumnya, namun tetap dianjurkan melaksanakan diet selama 1x setahun.
Setelah masuk tahun ketiga, berat badanku berangsur tumbuh menghasilkan gerakan jarum timbangan kearah kanan. walhasil wujudku tumbuh kesamping karena gak mungkin keatas lagi. (Sedih)

Diet Ngambek tak akan kulakukan lagi, karena aku tak suka esmoni..eh emosi. Jadi si Mayo harus kucoba..tanpa garam itu mudah, tanpa nasi..apakan lagi, tanpa minyak..kecil bagiku. Tak ada yang sulit dalam pelaksanaannya selama 13 hari kedepan, begitulah pikirku. Aku sudah pasang rencana dan strategi untuk esok hari.

Pagi tiba, aku mulai menyeduh kopi (menu sarapan pagi diet mayo hari I), sebelum berangkat sekolah, mama menghidangkan nasi goreng menu favorit sejuta umat, ini makanan mudah meriah, siapapun pasti suka nasi goreng.

"Ma..aku berangkat yaa.." aku pamit demi melihat nasi goreng yang mengguncang selera.

"Loh..gak makan dulu..?" Tanya mama heran.

"Gak ma..aku hampir terlambat" alasanku singkat padat dan jelas.

Pulang sekolah aku lemes kayak orang puasa. Air sudah lebih dari 2 liter diteguk, ke kamar kecil udah lebih dari 5 kali. Dapur sungguh memiliki daya magnet tersendiri, iseng-iseng aku melangkahkan kaki dan menyingkap tudung saji..ohh..lihatlah, nasi goreng melambai hati..aku langsung duduk manis bak bidadari. So..Dietku gagal hari ini. (Sedih sesal berkali-kali)

Malamnya ku siapkan lagi strategi, demi mencapai berat badan seksi. Namun setiap matahari datang, dietku gagal lagi dan lagi. Aku hanya jago saat malam tiba..tekad kuat dan strategi mantap dalam menyiapkan menu yang akan ku santap esok harinya..namun semua berantakan setiap siang datang. Banyak alasan yang ku buat, salah satunya..kasian mama sudah masak, tapi gak ada yang makan..mubazir kaan? Begitulah rayuanku pada diri sendiri.

Beberapa kali diet mayo kucoba, namun paling lama hanya bertahan sampai hari ketiga. Bukan karena gak makan nasi, garam dan goreng-gorengan..tapi tekadku yang kurang, terlebih entah kenapa aku kasian dengan mama. susah payah memasak tapi gak ada yang makan.

Niatku pun berubah, aku gak butuh diet, aku hanya harus mengatur pola hidup, makan malam ditiadakan, ngemil dikurangi dan olahraga teratur. Ini tekad baruku. So..mama pemenangnya. Besok mama masak apa yaa?. (Aku pasang senyum menyeringai)

Komentar

  1. Yesss! Mama memang pemenang nomor satu. :D

    Benar itu, mengatur popa hidup sehat itu lebih penting. ;)

    BalasHapus
  2. Yap..betul sekali mba. 😄😀

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Yang Menyentuh Hati

LIRIK LAGU
رحمن يا رحمن Rahman, ya Rahman ساعدني يا رحمن Sa'idni Ya Rahman bantulah aku..Yang Maha Penyayang اشرح صدري قرآن Israh Shodri Qur'an penuhi hati ini ( dengan cinta) dari Al-Qur’an أملأ قلبي قرآن Imlak Qolbi Qur'an lapangkan dadaku hanya untuk Al-Qur’an واسقي حياتي قرآن Wasqi Hayati Qur'an Sirami hidupku dengan Al-Qur’an .
لله لله يهفو أملي لله Lillah Lillah hanya untuk Allah, begitu mendalam keinginankukarena Allah… Yahfu amalilillah ولحفظِ كتابِ الله Walihifdhi Kitabillah bisakah aku mempelajari Al-Qur’an من أولِ باسم ِ الله Min Awwali Bismillah dimulai dengan “Bismillah…” للختم وللرضوان Lil Khotmil Wa Lirridwan

Saya Percaya

Percayalah! Perutnya tidak akan pecah meski dengan rakus wanita itu menyantap segunung hidangan kata, mengunyah hingga lumat baris demi baris makna yang bersemayam dalam lembar-lembar kertas menguning, tipis, lentur nan rapuh.

         Percayalah! Sebanyak apapun wanita itu menenggak lautan hikmah, kepalanya tidak akan meledak. Bahkan dia akan terus merasa haus sebab kerongkongannya memang tidak pernah merasa cukup dengan aliran ilmu yang disesap.

         Di satu waktu, tepat di penghujung tahun yang lalu. Wanita itu menundukkan kepala dengan amat dalam, jari-jarinya mengetuk rumah besar yang dikenal dengan nama komunitas—tempat sekumpulan orang-orang yang ingin jadi penulis, meski tidak semua dari mereka punya tujuan dan tekad yang sama.

         Lagi, jari-jarinya mengetuk. Dia meminta bantuan.

         Untuk sekelas manusia lincah dan penuh semangat serta cerdas,  permintaan bantuan yang dimintanya tentu menarik perhatian. Lantas saya hampiri dia dalam bilik maya, menyap…

Kisah Awal Aku Yang Belum Menyadari Siapa Aku

   -Bangun-
Hingar-bingar suara musik mengganggu lelap yang entah berapa lama, kapan pula dimulainya dan bahkan di mana? Aku berusaha membuka kelopak mata, tapi terasa berat. Apa karena terlalu lama tertidur, sehingga sempat kulupakan bagaimana caranya membuka mata? Sungguh, ini sulit sekali. Baiklah, aku tidak akan memaksa mata ini untuk terbuka. jadi biarkan saja sampai benar-benar siap dan jika memang sudah saatnya terbangun, maka aku akan bangun.
Perlahan hingar-bingar itu menghilang berganti desau angin yang membawa sadarku pada padang rumput yang tidak semua merata ditumbuhi rumput. Rumput-rumput dan tanaman liar tampak bergoyang mengikuti hembusan angin ke utara. Kali ini mataku terbuka, tanpa ada kesulitan seperti sebelumnya. Hanya saja ada yang berbeda, sinar matahari tidak seperti biasanya, tampak biru. Dan baru kusadari bahwa semua yang terlihat diterjemahkan biru oleh otak dan mataku. Apakah ini efek tidur yang terlalu lama? Tunggu, apa mungkin aku masih tertidur dan sekaran…