Langsung ke konten utama

Manfaat Minum Air Putih Hangat



Pernahkah suatu pagi kita terbangun dengan rasa haus yang luar biasa?

Apa yang akan dipilih untuk menghilangkan rasa haus tersebut? Apakah air dingin yang menyegarkan atau air hangat yang menawarkan manfaat?

Tidak jarang dari kita akan memilih air dingin,  bahkan jika perlu air yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin. Tentu selain memperoleh rasa dinginnya yang menyegarkan, harapan melenyapkan rasa haus dengan segera juga menjadi tujuan utama.

Di lain waktu, minuman apa yang biasanya kita pesan usai menyantap semangkuk bakso?

Kebanyakan dari kita akan memilih minuman dingin dengan dentingan es batu yang menari-nari dalam gelas kaca. Pasti sangat menyegarkan.

Masing-masing dari kita tahu, bahwa minuman dingin memang lebih menyegarkan. Tapi tidak semuanya sadar bahwa dibalik minuman dingin dan menyegarkan itu ada hal yang bisa jadi membuat tubuh kita mengalami beberapa efek samping karena keseringan mengonsumsinya, seperti lendir dalam tubuh bagian hidung yang mengental, lemak membandel di perut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terlepas dari minuman dingin yang menyegarkan, air putih hangat justru lebih banyak menawarkan manfaat. Selain karena tidak berasa dan tidak berwarna, cairan yang satu ini juga memang cocok dan sesuai dengan cairan yang ada dalam tubuh kita.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari air putih hangat, beberapa diantaranya adalah:

1. Membantu metabolisme tubuh
Tentu kita tahu bahwa setiap tubuh memiliki kondisi dan tingkat kesehatan yang berbeda-beda. Terlebih lagi jika sudah memasuki usia kepala tiga. Metabolisme tubuh bekerja akan lebih lamban dari usia sebelumnya. Apalagi jika tidak dibantu dengan olahraga secara teratur. Maka fungsi air putih tentu sangat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Mengatasi sembelit
Bagi yang bermasalah dengan urusan yang satu ini. Maka sembelit sebenarnya dapat diatasi dengan rutin minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari. Kondisi perut yang kosong dapat merangsang saluran pencernaan dan melakukan pembersihan tubuh dari toksin.

3. Membantu menurunkan berat badan
Segelas air putih hangat dapat menekan rasa lapar yang timbul ketika bangun tidur. Rasa lapar ini dapat kita atasi dengan minum air putih sebelum sarapan pagi, sehingga kita tidak perlu makan dengan jumlah banyak demi memuaskan rasa lapar tersebut. Begitu juga dengan makan siang yang belum tiba waktunya. Rasa lapar dapat diredakan dengan minum air putih terlebih dahulu. Selain itu, tubuh juga akan mempersiapkan saluran pencernaan agar lebih cepat mencerna makanan yang kita konsumsi.

4. Salah satu cara melawan penuaan dini
Siapapun pasti ingin terlihat muda. Terlihat muda tidak saja milik mereka yang masih berusia muda. Bagi orang yang sudah memasuki usia senja, terlihat muda itu tentu saja bisa. Rutin mengonsumsi air putih hangat akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, ini tentu akan membantu metabolisme dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh yang rusak akan segera diganti dengan yang baru. Dengan baiknya sistem kerja dalam tubuh kita, tentu akan menghasilkan tubuh yang sehat, terlihat lebih segar sebab adanya peningkatan elastisitas pada kulit.

Masih banyak lagi manfaat lain yang dapat kita peroleh dari air putih hangat. Mari sayangi tubuh kita dengan rutin minum air putih hangat di pagi hari.

Salam Sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topeng (bag.6)

-Topeng Ambisi- Seorang laki-laki tergesa-gesa memasuki ruangannya, setengah berlari Ia menghampiri meja kerja dan dengan kasar menarik satu persatu laci-laci yang tersusun rapi pada bagian bawah meja, kemudian mengobrak-abrik isinya. Ketika yang dicari belum ditemukan, Ia beralih pada lemari yang berada di belakangnya. Hal yang sama dilakukan, Ia pun mengacak habis isi lemari untuk mencari sesuatu yang amat berharga baginya.  "Dimana dokumen itu..kurang ajar!" Makinya pada seseorang yang ada dalam pikirannya. "Baiklah..jika ini pilihannya, akan kuturuti permainannya" Desisnya dengan rasa kesal yang tertahan. Ia tahu, wanita itu tak main-main dengan ancamannya tadi siang. Ambisinya yang terlalu besar dan menggebu-gebu secara otomatis memutuskan hubungan Simbiolis Mutualisme yang selama ini telah mereka jalin sejak setahun terakhir.  Jika bukan karena Mita yang dengan sembunyi-sembunyi memberitahukan padanya bahwa dokumen penting itu telah

Menggali Potensi Mulai dari yang Disukai dan Dikuasai

 Gali Potensi Ukir Prestasi  Resume ke-4 Gelombang 29 Senin, 26 Juni 2023 Narasumber: Aam Nurhasanah, S. Pd Moderator: Muthmainah, M. Pd KBMN 29-Pertemuan keempat dilaksanakan pada Senin, 26 Juni 2023, dengan tema 'Gali Potensi Ukir Prestasi'. Sebelum masuk ke materi, Ibu Muthmainah, M. Pd yang akrab dipanggil bu Emut dari lebak Banten, dan bertugas sebagai moderator memperkenalkan diri serta memaparkan sedikit info tentang narasumber.  Narasumber luar biasa dengan julukan penulis luar biasa dan juga pioneer pegiat literasi Kabupaten Lebak Banten, Ibu Aam Nurhasanah, S. Pd yang juga akrab disapa bu Aam, dikenang oleh bu Emut sebagai kompor, dalam arti yang menyemangati para penulis muda untuk menghasilkan karya tulis mereka menjadi buku. Bu Aam merupakan anggota KBMN gelombang 8 yang kemudian menyelesaikan pelajaran literasinya di gelombang 12.  "Dulu, kami menyebutnya BM 12 (Belajar Menulis 12) Juli 2020. Istilah KBMN muncul saat kopdar pertama di Gedung Guru Indonesia, J

Topeng (bag.3)

-Masa Lalu- Hera kecil sering kali di- bully oleh teman-temannya. Kala itu ia berusia 8 tahun, tubuhnya yang kecil dan lemah membuat ia menjadi sasaran empuk. Tidak ada satupun yang dapat membantunya, lebih tepatnya tidak ada yang mau. Sepulang dari bermain, sambutan kasar juga ia terima dari keluarga, tepatnya keluarga angkat. Hera diadopsi pada usia 2 tahun. Dengan niat sebagai pancingan agar kedua orang tua angkatnya bisa segera mendapat momongan. Tapi usaha ini belum menunjukkan hasil seperti yang diinginkan.  Saat Hera berusia 10 tahun Ibu angkatnya pun hamil. Kehamilan yang ditunggu-tunggu selama 9 tahun, sebelumnya beberapa kali Ibu angkat Hera ini sudah pernah hamil, sayangnya setiap kali hamil justru ibunya juga mengalami keguguran lagi dan lagi. Kehamilan ketiga kali ini dijaga ketat dan ekstra hati-hati, namun takdir berkata lain, saat ibu angkatnya mengandung pada usia kehamilan 8 bulan, kecelakaan tragis menyebabkan nyawa ibu dan calon adiknya itu melayang. Duka