Manfaat Minum Air Putih Hangat



Pernahkah suatu pagi kita terbangun dengan rasa haus yang luar biasa?

Apa yang akan dipilih untuk menghilangkan rasa haus tersebut? Apakah air dingin yang menyegarkan atau air hangat yang menawarkan manfaat?

Tidak jarang dari kita akan memilih air dingin,  bahkan jika perlu air yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin. Tentu selain memperoleh rasa dinginnya yang menyegarkan, harapan melenyapkan rasa haus dengan segera juga menjadi tujuan utama.

Di lain waktu, minuman apa yang biasanya kita pesan usai menyantap semangkuk bakso?

Kebanyakan dari kita akan memilih minuman dingin dengan dentingan es batu yang menari-nari dalam gelas kaca. Pasti sangat menyegarkan.

Masing-masing dari kita tahu, bahwa minuman dingin memang lebih menyegarkan. Tapi tidak semuanya sadar bahwa dibalik minuman dingin dan menyegarkan itu ada hal yang bisa jadi membuat tubuh kita mengalami beberapa efek samping karena keseringan mengonsumsinya, seperti lendir dalam tubuh bagian hidung yang mengental, lemak membandel di perut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terlepas dari minuman dingin yang menyegarkan, air putih hangat justru lebih banyak menawarkan manfaat. Selain karena tidak berasa dan tidak berwarna, cairan yang satu ini juga memang cocok dan sesuai dengan cairan yang ada dalam tubuh kita.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari air putih hangat, beberapa diantaranya adalah:

1. Membantu metabolisme tubuh
Tentu kita tahu bahwa setiap tubuh memiliki kondisi dan tingkat kesehatan yang berbeda-beda. Terlebih lagi jika sudah memasuki usia kepala tiga. Metabolisme tubuh bekerja akan lebih lamban dari usia sebelumnya. Apalagi jika tidak dibantu dengan olahraga secara teratur. Maka fungsi air putih tentu sangat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Mengatasi sembelit
Bagi yang bermasalah dengan urusan yang satu ini. Maka sembelit sebenarnya dapat diatasi dengan rutin minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari. Kondisi perut yang kosong dapat merangsang saluran pencernaan dan melakukan pembersihan tubuh dari toksin.

3. Membantu menurunkan berat badan
Segelas air putih hangat dapat menekan rasa lapar yang timbul ketika bangun tidur. Rasa lapar ini dapat kita atasi dengan minum air putih sebelum sarapan pagi, sehingga kita tidak perlu makan dengan jumlah banyak demi memuaskan rasa lapar tersebut. Begitu juga dengan makan siang yang belum tiba waktunya. Rasa lapar dapat diredakan dengan minum air putih terlebih dahulu. Selain itu, tubuh juga akan mempersiapkan saluran pencernaan agar lebih cepat mencerna makanan yang kita konsumsi.

4. Salah satu cara melawan penuaan dini
Siapapun pasti ingin terlihat muda. Terlihat muda tidak saja milik mereka yang masih berusia muda. Bagi orang yang sudah memasuki usia senja, terlihat muda itu tentu saja bisa. Rutin mengonsumsi air putih hangat akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, ini tentu akan membantu metabolisme dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh yang rusak akan segera diganti dengan yang baru. Dengan baiknya sistem kerja dalam tubuh kita, tentu akan menghasilkan tubuh yang sehat, terlihat lebih segar sebab adanya peningkatan elastisitas pada kulit.

Masih banyak lagi manfaat lain yang dapat kita peroleh dari air putih hangat. Mari sayangi tubuh kita dengan rutin minum air putih hangat di pagi hari.

Salam Sehat.

Postingan populer dari blog ini

Mengenalmu dengan Baik

Review Buku Antologi - Nostalgia Biru

Dia Pernah Ada di Sini